Home > Komputer > Mengenal Windows XP

Mengenal Windows XP

Windows XP adalah sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi dan bisnis, laptop dan media center. Pertama kali dirilis pada Agustus 2001 dan saat ini menjadi salah satu versi windows yang paling populer. Nama XP sendiri merupakan singkatan dari eXPerience.

Windows XP merupakan penerus bagi versi sebelumnya yaitu Windows 2000 dan Windows ME dan merupakan sistem operasi pertama microsoft yang berorientasi pada konsumen dan dibangun diatas Kernel dan arsitektur Windows NT. Windows XP dirilis dalam berbagai edisi antara lain : Home Edition, Profesional Edition, Media Center Edition, XP 64-bit Edition, Profesional x64 Edition dan XP Embedded.

Windows XP merupakan versi Windows yang berbasis NT diprogram menggunakan dalam bahasa C, C++ dan Assembly dengan stabilitas dan efisiensi yang lebih ditingkatkan diatas versi 9x. Windows XP mempersembahkan perubahan desain antar muka grafis yang berarti dan lebih bersifat user-friendly dibandingkan versi-versi sebelumnya. Windows XP juga merupakan versi pertama windows yang menggunakan aktivasi produk untuk menghindari penyalinan secara ilegal sebuah pembatasan yang tidak berdampak positif bagi beberapa pengguna.

Dua edisi utama Windows XP adalah Windows XP Home Edition yang ditujukan untuk pengguna rumahan dan Windows XP Profesional yang dirancang untuk bisnis dan power user. XP profesional berisi fitur-fitur canggih yang rata-rata tidak digunakan oleh pengguna rumahan. Namun fitur tersebut belum tentu hilang dari XP Home, hanya dinonaktifkan dan dapat menjadi fungsional. Edisi ketiga adalah Windows XP Media Center Edition yang diperkenalkan tahun 2002 dan diperbarui setiap tahun sampai 2006 untuk memasukkan media digital baru, siaran televisi dan kemampuan Media Center Extender.

Dua edisi 64 bit pun tersedia yakni Windows XP 64-bit Edition yang dirancang khusus untuk workstation berbasis Itanium dan Windows XP Profesional x64 Edition yang dirancang sehinga mendukung x86-64 dan arsitektur Intel IA-32. x86-64 dimplementasikan oleh AMD sebagai AMD64 dan oleh Intel sebagai Intel 64. Selain edisi yang memang dirilis untuk komputer desktop, Microsoft juga merilis Windows XP Tablet PC Edition yang ditujukan khusus untuk PC Tablet dan Windows XP Embedded secara spesifik ditujukan untuk konsumen elektronik, ATM, peralatan medis, Arcade Video game dan VOIP.

Microsoft merilis Windows XP dalam paket-paket layanan atau dikenal dengan service pack seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa ada 3 service pack untuk windows XP mulai dari service pack 1 hingga service pack 3. Tujuan dari adanya service pack tersebut adalah untuk memperbaiki masalah yang muncul setelah pemakaian serta untuk menambahkan fitur tertentu. Setiap service pack merupakan superset dari semua layanan sebelumnya dan berisi patch paket layanan terbaru yang harus diinstall termasuk revisi terbaru. Berikut adalah rincian setiap Service pack Windows XP yang dirilis oleh Microsoft.

1. Service Pack 1 (SP1)
Dirilis pada tanggal 9 september 2002. SP1 berisi post-RTM security fixes dan hot-fixes, update kompatibilitas, dukungan .NET Framework dan memungkinnan teknologi perangkat baru seperti Tablet PC dan versi baru Windows messenger 4.7.Fitur terbaru yang penting adalah dukungan terhadap USB 2.0 dan adanya utilitas Set Program Access and Defaults. SP1 mendukung teknologi SATA dan hard drive yang lebih besar dari 137GB. Microsoft Java Virtual Machine yang tidak ada dalam versi RTM, muncul dalam SP1 serta dukungan untuk IPV6 juga diperkenalkan dalam SP1 ini.

2. Service Pack 2 (SP2)
Dirilis pada 25 Agustus 2004 dan diberi kode “Springboard” dengan penekanan pada keamanan. SP2 menambahkan fitur baru seperti kompatibilitas enkripsi WPA, dukungan Wi-Fi, pop-up blocker untuk iklan pada Internet Explorer 6 dan dukungan Bluetooth. Layar pembuka baru selama boot kernel dengan menghilangkan sub judul Profesional, Home Edition dan Embedded. Loading bar hijau pada Home Edition dan kuning pada Embedded diganti dengan bar biru membuat layar boot sistem mirip satu sama lain. Pada SP2 juga ditambahkan sistem keamanan baru meliputi revisi besar terhadap firewall yang berganti nama menjadi Windows Firewall dan menjadi diaktifkan secara default, serta fitur Data Execution Prevention. Selain itu perbaikan yang berhubungan dengan keamanan dilakukan untuk email dan web browser. SP2 juga memuat Windows Security Center yang menyediakan gambaran umum tentang keamanan sistem termasuk kondisi software Antivirus, Windows Update dan Windows Firewall yang baru.

3. Service Pack 2B
Pada bulan Agustus 2006, microsoft merilis update media instalasi untuk XP SP2 dan Server 2003 SP1 yang berisi patch bagi yang membutuhkan AxtiveX control untuk aktivasi manual sesuai dengan paten yang dipegang oleh Eolas. Sejak itu, teknologi ini dilisensi oleh Microsoft dan pada Service Pack 3 dan versi terbaru tidak perlu melakukan update ini.

4. Service Pack 2C
Pada 10 Agustus 2007, Microsoft mengumumkan minor update untuk SP2 untuk mengatasi masalah semakin berkurangnya jumlah kunci produk yang tersedia untuk Windows XP. Update ini hanya untuk system builder dari distributor Windows XP Profesional dan Windows XP profesional N. SP2c dirilis pada September 2007.

5. Service Pack 3
SP3 dirilis ke manufaktur pada 21 April 2008 dan publik melalui Microsoft Download Center dan Windows Update pada 6 mei 2008. Sebanyak 1.174 perbaikan telah dimasukkan dalam SP3. Fitur-fitur baru yang ada pada SP3 antara lain :
- Deteksi Black Hole Router yang aktif secara default
- Network Access Protection untuk client
- Group Policy yang mendukung untuk autentikasi IEEE 802.1X pada adapter jaringan kabel
- Credentials Security Service Provider
- Pilihan keamanan deskriptif pada antarmuka Group Policy /Local Security Policy
- Versi update Microsoft Enhanced Cryptographic Provider Module (RSAENH) yaitu FIPS 140-2 bersertifikat (SHA-256,    SHA-384 and SHA-512 algorithms)
- Instalasi tanpa memerlukan kunci produk selama konfigurasi untuk versi retail dan OEM

Berkaitan dengan dukungan untuk Windows XP, Microsoft telah menetapkan jangka waktu dukungan untuk masing -masing versinya. Dukungan untuk Windows XP tanpa Service Pack yang berakhir pada September 30, 2004 dan dukungan untuk Windows XP Service Pack 1 dan 1a yang berakhir pada tanggal 10 Oktober 2006. Windows XP Service Pack 2 akan pensiun pada tanggal 13 Juli 2010, setelah hampir enam tahun eksis. Bagi yang masih menggunakan Service Pack 2 dapat segera melakukan update ke Service Pack 3 yang masih didukung hingga tahun 2014. Tepatnya pada tanggal 8 April 2014 semua dukungan Windows XP termasuk update keamanan dan perbaikan terbaru akan berakhir.

Sumber : Wikipedia

About these ads
Categories: Komputer Tags: ,
  1. i komang ari irawan
    6 September 2010 at 12:28 pm | #1

    salam kenal semuanya,.,.,.,.,.,.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 55 other followers

%d bloggers like this: